5 Virus Paling Berbahaya di Komputer

Virus komputer adalah sebuah program atau aplikasi yang dapat menyusup pada sistem komputer yang bertujuan untuk mengubah, merusak, dan mengganti program komputer tersebut. Virus komputer dapat menyebarkan dirinya sendiri didalam sistem komputer dengan cara menggandakan diri, mengcopy, merubah, meniru program, data, dan lain sebagainya.
Virus komputer ini ada yang mudah diketahui, dan ada yang cukup sulit untuk dideteksi. Karena pada dasarnya virus komputer ini terletak pada program komputer, sehingga terkadang seseorang tidak akan menyadari bahwa komputernya terkena virus sebelum tiba-tiba programnya menjadi tidak bisa dijalankan, hang, freeze, dan lain sebagainya. Virus komputer memiliki beberapa efek negatif terhadap program-program komputer itu sendiri serta perangkat keras komputer, diantaranya adalah kemampuannya untuk menggandakan diri sehingga memory komputer menjadi cepat penuh dan mengakibatkan komputer menjadi error, hang, loading lama, dan lain sebagainya. Virus komputer juga dapat mengubah ekstensi pada file atau bagian dari program yang menyebabkan program tersebut menjadi tidak dapat diakses dan dijalankan.
Berikut ini adalah virus-virus paling berbahaya di dunia sebagaimana yang dilansir dari Auroratekno :
1. Virus Worm
Virus worm merupakan sejenis program yang bisa melipatgandakan diri. Secara umum worm tidak menginfeksi virus, tetapi keberadaannya cukup beresiko dimana worm dapat melipatgandakan diri secara cepat sehingga apabila komputer yang terserang worm dalam waktu cukup lama, bisa membuat sistem komputer menjadi rapuh. Dimana worm ini akan memenuhi data dalam memori serta hardisk komputer.
Lokasi penyebarannya lewat e-mail serta jaringan internet. Sedangkan untuk menanganinya dapat memakai antivirus biasa. Jika menggunakan antivirus pro malah lebih maksimal hasilnya.

2. Website Scripting Virus

Seperti namanya website scripting virus adalah sebuah kode program yang dipakai untuk mempercantik konten dalam website. Namun kode inilah yang justru akan mengganggu program, biasanya virus ini akan muncul saat terhubung internet.
Untuk sistem proteksi bisa dilakukan dengan menginstall Microsoft sarana bawaan windows. Lakukan scan dengan teratur menggunakan aplikasi ini.

3. Multipartite Virus

Seperti memory resident virus dimana jenis type nama virus komputer ini bersembunyi dalam RAM yang nantinya akan menginfeksi sistem operasi tertentu kemudian menginfeksi hardisk. Cara menanganinya yakni dengan membersihkan adanya bad sector serta lakukan disk defragmenter (jika menggunakan OS windows).

4. Polymorpic Virus
Polymorpic virus merupakan type virus yang memiliki kemampuan untuk menyandikan diri secara berbeda saat menginfeksi sistem. virus ini bisa dikatakan virus yang cerdas karena virus ini bisa mengubah strukturnya setelah menjalankan pekerjaan sehingga membuat sulit dideteksi oleh anti virus.

5. FAT (File Allocation Table) merupakan jenis type nama virus komputer yang mempunyai tujuan untuk merusak file. Biasanya virus ini akan bersembunyi di tempat penyimpanan data pribadi. Dimana kemampuan virus ini adalah menyembunyikan file penting kita, hingga seakan-akan file itu hilang karena sulit untuk kita cari.
Pencegahan : cermati serta perhatikan data yang tersimpan di dalam hardisk. Apabila kita mencurigai adanya file yang tidak pernah kita buat untuk disimpan, berarti itu merupakan FAT virus.
BUAT KALIAN YANGMAU KULIAH GRATIS 100% KLIK LINK BERIKUT DN SEGERA DAFTAR!!

Beberapa Nama Virus Ganas Pada Komputer | "Coretan Arsam"




Posting Komentar

0 Komentar